Tahun 2019, Meranti dapat Rp 40 M Lebih untuk Pengembangan Sagu dan Kopi

Dibaca: 3255 kali  Jumat,28 Desember 2018 | 17:33:11 WIB
Tahun 2019, Meranti dapat Rp 40 M Lebih untuk Pengembangan Sagu dan Kopi
Ket Foto : Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau, Asrizal (net)

AksisNews.Com] PEKANBARU - Tahun 2019, Pemerintah pusat mengucurkan anggaran sekitar Rp40 miliar lebih untuk mendorong hilirisasi sagu dan Kopi Liberika di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, anggaran itu nantinya akan difokuskan pada Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKM) di daerah tersebut.

Dikutip dari RiauBook.com, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau, Asrizal beberapa waktu lalu mengatakan, untuk SIKM Sagu, total dana yang dikucurkan sebesar Rp19,3 miliar.

Kata dia, hal itu merupakan upaya untuk melanjutkan program yang sudah berjalan di tahun ini.

Sementara, untuk SIKM Kopi Liberika, Asrizal mengatakan, pemerintahan juga akan mengucurkan dana sebesar Rp 21,5 miliar,

"ini upaya kita ke depan supaya kopi itu yang tadinya diekspor kan kopi beras, menjadi kopi beras yang sudah dipilah, bahkan kopi yang sudah dirosting" Katanya

"Kemudian kita nanti juga mengupayakan agar kopi itu bisa diekspor dalam bentuk bubuk, jadi masih ada tahapnya," tambahnya lagi.

Asrizal menuturkan, Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki potensi yang cukup besar untuk memanfaatkan sumber daya alamnya.

"Di Meranti, Kita punya 1000 hektar lahan kopi, dengan dukungan dana, di sana kita juga mempunyai lahan 5000 hektar lahan sagu, ini lah yang kita dorong supaya sagu itu di SIKM ini".

Dengan adanya dukungan dana yang disertai pembinaan, Asrizal berharap Industri menengah dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah melalui hilirisasi produk.

"Jadi mereka tidak lagi memproduksi sagu basah, tapi menjadi sagu kering bahkan tepung sagu, dan nanti bisa diolah dan dicampur menjadi bahan baku lain," demikian Asrizal. (irul)

Akses AksisNews.com Via Mobile m.AksisNews.com